Upacara di Monas, Jokowi jadi inspektur

Senin, 28 Oktober 2013 - 09:51 WIB
Upacara di Monas, Jokowi jadi inspektur
Upacara di Monas, Jokowi jadi inspektur
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo hari ini memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda Ke-85 di Lapangan Parkir Monumen Nasional (Monas). Bersama Wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama beserta PNS dan SKPD, orang nomor satu di DKI itu didaulat menjadi Inspektur upacara.

"Hari ini adalah hari yang sangat besar untuk menginspirasi kita menjadi satu Tanah Air, Tanah Air indonesia," kata Jokowi yang datang mengenakan seragam Korpri, Senin (28/10/2013).

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen bersatu di tengah hegemoni kolonialisme terhadap Indonesia sekaligus aktualisasi pemuda.

"Peringatan Sumpah Pemuda kali ini diarahkan menjadi tombak pembangunan karakter bangsa. Kita butuh figur-figur pemuda yang inspiratif, cerdas, berprestasi, dan pemuda yang santun," ujarnya.

Menurut Jokowi, pemuda yang santun yakni berbudi pekerti, berakhlak mulia, santun dalam pemikiran dan perbuatan. Selain itu, pemuda yang memiliki kemampuan berinovasi tinggi dalam menghadapi persaingan global.

"Pemuda inspiratif adalah mereka yang berorientasi pada masa depan dan, bertanggung jawab," ucapnya.

Di Hari Sumpah Pemuda ini, Jokowi berharap agar bangsa Indonesia bisa memetik hikmah yang terkandung dari nilai-nilai sumpah pemuda.

"Kita harus mengambil hikmah dan semangat dari Sumpah Pemuda," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)