11 Ekor monyet hasil razia kembali ditampung

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 22:29 WIB
11 Ekor monyet hasil...
11 Ekor monyet hasil razia kembali ditampung
A A A
Sindonews.com - Badan Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) DKI Jakarta, kembali mendapat tambahan 11 ekor monyet liar hasil razia petugas di lapangan.

Monyet-monyet tersebut, diprediksi berasal dari Kampung Monyet di Cipinang, Jakarta Timur. "Kemarin sore pukul 17.30 WIB ada tambahan 11 ekor monyet lagi. Semua dari Jakarta Timur," kata Kepala Seksi BKHI Aswindrastuti, Jumat (25/10/2013).

Ia menjelaskan, 11 ekor monyet hasil tangkap razia yang ditiitipkan di instansi itu kemungkinan besar berasal dari Kampung Monyet di Cipinang, Jakarta Timur. Monyet-monyet tersebut rata-rata berusia di bawah delapan bulan.

"Kemungkinan besar dari Kampung Monyet di Cipinang. Usia monyet-monyet sebagian besar kurang dari delapan bulan," bebernya.

Aswindrastuti mengungkapkan, saat pertama kali dibawa ke BKHI, kondisi monyet-monyet titipan itu sama dengan 10 ekor, kemarin. Di mana banyak di antara mereka yang taring giginya dicabut.

"Kalau monyet-monyet yang ini lebih tenang, soalnya kelihatannya mereka belum turun ke jalan," tukasnya.

Menurutnya, 11 ekor monyet tersebut akan diurus lebih dahulu dan sudah diambil sampel darahnya. Hewan jenis primata itu juga diberikan obat 0,01 mg, yang dimasukan ke dalam kelopak mata.

"Apabila positif hepatitis, kelopak mata monyet nanti akan membengkak dalam waktu tiga hari," paparnya.

Ia menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan monyet-monyet tersebut baru bisa diketahui satu minggu ke depan. Sejauh ini, puluhan monyet yang ditampung di BKHI tidak teridentifikasi terkena hepatitis.

"Kalau soal hepatitis, mungkin pemerhati hewan survei ada yang kena hepatitis, tapi yang masuk ke kami enggak ada," tegasnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)