Dinkes DKI: Penularan HIV banyak dari heteroseksual

Selasa, 22 Oktober 2013 - 14:41 WIB
Dinkes DKI: Penularan HIV banyak dari heteroseksual
Dinkes DKI: Penularan HIV banyak dari heteroseksual
A A A
Sindonews.com - Melalui program Voluntering Conseling and Testing (VCT), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin melakukan deteksi dini untuk menekan penularan HIV/AIDS di Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Dien Emmawati mengatakan, program ini diarahkan untuk masyarakat umum, termasuk ibu hamil untuk mencegah penularan pada bayi dalam kandungan.

"Program VCT juga dilakukan pada ibu hamil. Mereka juga potensial terkena HIV. Hati-hati. Kalau begitu bayi lahir, langsung di-protecting dan diobati dengan baik, nanti dia akan sembuh," imbuh Dien di Balai Kota Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Dien menjelaskan, dari hasil survei saat ini penularan HIV di DKI Jakarta, cenderung terjadi pada individu heteroseksual. Padahal sebelumnya yang berpotensi terinfeksi penyakit ini terjadi karena pengunaan jarum untuk konsumsi narkoba.

Terus penularan yang paling berbahaya, di DKI itu heteroseksual. Dulu, kata dia, karena penggunaaan narkoba yang potensinya tinggi. "Tapi survei sekarang yang paling tinggi adalah heteroseksual," pungkasnya.

Ia juga menuturkan, pentingnya VCT ini karena dapat mendeteksi virus HIV. Karena dari penelitian HIV yang dibiarkan tanpa mendapatkan tindakan medis dapat berpotensi naik kelas menjadi AIDS.

"HIV itu bukan berarti AIDS, tapi kalau lama-lama tidak diobati akan jadi AIDS. Bahaya dan bisa membuat umur pendek," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)