Ditolak warga, dewan tunda pengucuran dana TPA

Kamis, 17 Oktober 2013 - 15:48 WIB
Ditolak warga, dewan tunda pengucuran dana TPA
Ditolak warga, dewan tunda pengucuran dana TPA
A A A
Sindonews.com - Buntut penolakan warga Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok terkait perluasan tempat pembuangan akhir (TPA). DPRD Kota Depok menunda pencairan dana tersebut.

"Adanya penolakan itu membuat dewan sepakat untuk menunda pengucuran dana perluasan, memang dalam administrasi dana itu dicantumkan dalam APBD, dan dipastikan akan jadi sisa anggaran atau SILPA, sampai 2014 tak akan ada perluasan TPA sebelum adanya persetujuan dari warga, jika masih menolak maka Pemkot Depok diminta cari alternatif lain, bisa bekerja sama dengan Bantar Gebang atau cara lain," kata Ketua DPRD Depok Rintisyanto, Kamis (17/10/2013).

Padahal, kata dia, pihaknya siap mengucurkan miliaran rupiah untuk perluasan TPA di Cipayung, Depok itu. Dia juga menjelaskan, pihaknya menerima usulan perluasan itu setelah pemkot menawarkan konsep dengan pengolahan teknologi.

"Karena itu dengan konsep itu dewan pun menyetujui dan menyediakan anggaran Rp25 miliar, namun ternyata waktu dua tahun yang diberikan dewan kepada pemkot untuk melakukan sosialisasi, tidak dilakukan. Bahkan sosialisasi itu baru dilakukan pada saat ini," tandasnya.

Selain itu, Ketua LPM Pasir Putih Uci Sanusi mengatakan, pihak pemkot berjanji akan ada pertemuan dengan 41 tokoh Pasir Putih dengan Wali Kota Nur Mahmudi pada 23 Oktober 2013. Namun jika janji itu dilanggar, warga ancam akan menutup TPA Cipayung.

"Jika tidak ada juga realisasinya, maka truk kuning tak boleh buang sampah di TPA Cipayung. TPA Cipayung ditutup warga," tukasnya.

Kabag Pemerintahan Pemkot Depok Dudi Miraz mengatakan, keinginan warga yang ingin bertemu dengan Wali Kota akan disampaikan.

"Akan kami sampaikan ke pimpinan. Dan dewan tidak menolak, karena dewan bagian dari pemerintahan," terangnya.

Sebelumnya, puluhan warga menyambangi Pemkot Depok guna menolak perluasan TPA di wilayahnya.

Baca berita terkait:
Tolak perluasan TPA, warga Sawangan datangi DPRD
Kantornya didemo, Nur Mahmudi ngacir ke Bandung
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5219 seconds (0.1#10.140)