DKI jamin 87 ribu hewan kurban bebas penyakit

Senin, 14 Oktober 2013 - 17:12 WIB
DKI jamin 87 ribu hewan kurban bebas penyakit
DKI jamin 87 ribu hewan kurban bebas penyakit
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin 87 ribu ekor hewan kurban jenis domba, kambing, kerbau dan sapi yang masuk di Ibukota Jakarta, terbebas dari penyakit, khususnya Antrax.

"Hasil uji labolarotium, semua hewan kurban di Jakarta negatif antrax. Penyakit lain yang berbahaya juga tidak ada," kata Kabid Peternakan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Sri Hartati saat dihubungi Sindonews, Senin (14/10/2013).

Sri mengatakan, jaminan tidak adanya hewan kurban berpenyakit itu setelah jajarannya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di lima wilayah di Jakarta. Pemeriksaan hewan itu sendiri telah dilangsungkan sejak H-14 sebelum Hari Raya Idul Adha.

"Kita kerahkan teman-teman Sudin Peternakan di seluruh wilayah, mendata sekaligus memeriksa semua hewan kurban dari H-14 dan diintensifkan pada H-10," terangnya.

Ia membeberkan, berdasarkan data di lapangan, jumlah hewan kurban yang masuk ke Jakarta mencapai 87 ribu ekor. Jumlah tersebut meliputi hewan jenis sapi, kerbau, domba dan kambing yang berasal dari Pulau Jawa, NTT, dan Bima.

"Sebagian besar daerah di Jawa Barat seperti Tasik dan Ciamis serta Jawa Tengah, seperti Ungaran, Jogjakarta dan Wonosobo. Ada juga yang berasal dari NTT dan Bima," bebernya.

Sri menghimbau masyarakat yang ingin membeli hewan kurban agar lebih teliti dan cermat ketika memilih. Hewan kurban yang lulus uji kesehatan telah ditandai pihaknya dengan stiker.

"Kita sudah berikan stiker bagi hewan yang sudah diperiksa. Jangan pilih hewan cacat, harus yang berkelamin jantan dan cukup umur," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7889 seconds (0.1#10.140)