2 tahun cari suaka, WN Somalia terjaring yustisi

Kamis, 03 Oktober 2013 - 11:29 WIB
2 tahun cari suaka, WN Somalia terjaring yustisi
2 tahun cari suaka, WN Somalia terjaring yustisi
A A A
Sindonews.com - Menghindari konflik di negaranya, bapak dan anak warga negara (WN) Somalia, Abdul Hakim Hussien Mochamed Saleh (42) dan anaknya Thabed Abdul Hakim (7) berusaha mencari suaka. Sayangnya, selama dua tahun di Indonesia mereka belum juga mendapatkan negara yang mau menampungnya hingga terjaring operasi yustisi.

Belakangan diketahui, kalau mereka sudah dua tahun berada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan menetap di Jalan Masjid Al Huda Ciputat Timur, Kota Tangsel.

"Saya mengungsi dari negara saya Somalia disebabkan konflik berkepanjangan disana," katanya dalam bahasa Inggris berlogat Arab di rumahnya, Kamis (3/10/2013).

Abdul pun langsung diperiksa petugas yustisi, kemudian mengikuti sidang. Hakim dari pengadilan tinggi Tigaraksa, langsung membebaskan Abdul.

Sebab, dalam surat resmi pengungsian UNHCR atau perlindungan negara muslim, yang selalu dibawa Abdul, dia bersama anaknya masih memiliki waktu menetap hingga Mei 2014.

"Rencananya saya akan mencari suaka ke Australia atau negara manapun yang menerima kami. Tapi entah kapan," katanya sembari pergi.

Selain Abdul, petugas juga sempat memeriksa Xavier Gavier (25), Mahasiswa UIN dari Timur Leste, saat diperiksa ia tidak memiliki Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTP) dan segera dimintakan untuk membuat SKTP.

Dari total 1.200 masyarakat yang diperiksa, terjaring 76 orang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7528 seconds (0.1#10.140)
pixels