Deddy Mizwar sindir Depok soal situ

Selasa, 01 Oktober 2013 - 16:39 WIB
Deddy Mizwar sindir Depok soal situ
Deddy Mizwar sindir Depok soal situ
A A A
Sindonews.com - Alih fungsi situ yang terjadi di Depok, Jawa Barat disesalkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Bahkan gara-gara tiga setu tersebut, hingga kini Rancangan Perda RT/RW Kota Depok terhambat.

"Sebagian situ di Depok sudah jadi perumahan, sudah alih fungsi. Yang terdeteksi di Depok ada tiga (situ yang jadi perumahan)," kata Deddy Mizwar di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/10/2013).

Ia mengaku tidak tahu persis nama situ yang sudah jadi perumahan. Tapi yang jelas situ-situ itu kini lenyap dan berubah jadi perumahan.

Lemahnya pengawasan disinyalir juga jadi penyebab situ-situ itu beralih fungsinya. Hal serupa dikhawatirkan juga terjadi pada situ-situ lain jika pengawasan tidak diperketat.

"Ini kalau tidak ditangani serius, (situ yang ada) bisa habis," tegas Deddy.

Ia lalu meminta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap situ-situ yang ada di Jawa Barat.

Kepala Dinas PSDA Jawa Barat, Supriyatno, mengakui adanya alih fungsi situ di Depok. Pihaknya pun tidak mau kecolongan lagi.

"Kita usahakan jangan sampai terjadi hal serupa di daerah lain. Pengawasan akan kita tingkatkan," ucapnya.

Supriyatno mengatakan di Jawa Barat saat ini ada 852 situ yang tersisa. Situ-situ itu berfungsi sebagai tempat cadangan air jangka panjang.

Baca juga: Kehilangan 4 situ, Depok bongkar arsip
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)