Balai lelang diminta bantu cari artefak kuno

Jum'at, 13 September 2013 - 23:17 WIB
Balai lelang diminta...
Balai lelang diminta bantu cari artefak kuno
A A A
Sindonews.com - Pemerintah terus menelusuri hilangnya empat artefak dari Museum Gajah Kemendikbud akan menghubungi balai lelang dalam dan luar negeri dan komunitas kolektor. Tujuannya agar koleksi sejarah itu cepat terlacak dan kembali.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya akan memghubungi balai lelang seperti Christie’s yang ada di Singapura, London dan balai lelang di negara lainnya. Pihaknya juga akan mengirimkan data karakteristik keempat artefak yang dicuri.

Dia yakin, jika balai lelang sudah diberitahui maka celah untuk menjual koleksi tersebut melalui balai lelang akan tertutup. “Kami akan meminta mereka (balai lelang) agar tidak menerima barang itu,“ katanya di gedung Kemendikbud, Jumat (13/9/2013).

Mantan menkominfo ini menambahkan, pihaknya juga akan menghubungi para komunitas kolektor barang antik. M Nuh berharap, para kolektor tidak menjadi penadah barang curian tersebut.

Bahkan dia berharap ada komunikasi sesama kolektor jika pelaku berniat menjual ke mereka. Harapan ini mengemuka, ujarnya, karena meski lempengan dan cepuk itu berbahan emas namun tidak akan dilebur agar mudah dijual.

Mereka akan menjual dalam kondisi asli untuk mendapat nilai jual tinggi. Dan metode penjualan ini yang akan mempermudah pencarian barang yang hilang itu.

Artikel selengkapnya klik disini
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)