Ini 4 koleksi Museum Nasional yang hilang

Kamis, 12 September 2013 - 20:41 WIB
Ini 4 koleksi Museum Nasional yang hilang
Ini 4 koleksi Museum Nasional yang hilang
A A A
Sindonews.com - Museum Nasional menaksir, kerugian atas hilangnya empat benda koleksi museum bisa mencapai miliaran rupiah. Ini bisa dilihat dari nilai sejarah yang terkandung dalam benda tersebut.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan menjelaskan, benda koleksi Museum Nasional yang hilang merupakan peninggalan Mataram Kuno. Benda ini dibuat pada abad ke 10 masehi dan ditemukan oleh bangsa Belanda pada abad ke 18.

Keempat koleksi yang dicuri tersebut ialah lempeng Naga Mendekam Berinskripsi. Lempengan emas berbentuk naga melingkar ini berasal dari kerajaan Mataram (abad 10 M). Lempeng ini ditemukan di Jalatunda, Jatim dengan panjang 5,6 cm dan lebar 5 cm.

Kedua ialah lempeng Bulan Sabit Beraksara yang juga berasal dari kerajaan Mataram. Ditemukan di lokasi yang sama dengan lempengan Naga dengan panjang 8 cm dan lebar 5,5 cm.

Ketiga ialah lempeng Harihara yang ditemukan di Belahan, Jatim dengan panjang 10,5 cm dan lebar 3,5 cm. Lempengan ini melukiskan arca Harihara yang berdiri di atas bantalan teratai ganda, rambut ditata meruncing keatas diikat dengan hiasan rambut berbentuk bunga mekar, bertangan dua sementara tangan kanan diatas tangan kiri.

Ada sinar kedewaan yang berbentuk oval berhias motif lidah api, perhiasanya berupa anting bulat, gelang lengan berbentuk bunga mekar dan berselendang.

Sementara koleksi keempat yang hilang ialah wadah bertutup berdiameter 6,5 cm dan tinggi 6,5 cm. Cepuk ini juga ditemukan di Jalatunda, Jatim dari kerajaan Mataram.

Berita selengkapnya klik disini
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)