Tender revitalisasi terminal dimulai Januari tahun depan

Selasa, 10 September 2013 - 06:19 WIB
Tender revitalisasi terminal dimulai Januari tahun depan
Tender revitalisasi terminal dimulai Januari tahun depan
A A A
Sindonews.com - Perombakan atau revitalisasi 18 terminal di Jakarta oleh Pemrov DKI, BUMD dan swasta akan mulai ditender pada Januari tahun depan.

"Perombakan 15 terminal ini akan dimulai tahun depan. Tender konstruksinya diperkirakan bulan Januari," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono di balai kota, Senin (9/9/2013).

Ia mengatakan, proses tender proyek revitalisasi ini sengaja dilakukan pada awal tahun depan agar peletakan batu pertama atau ground breaking sebagai tanda dimulainya pembangunan bisa dilangsungkan pada Maret atau April.

"Perombakan terminal ini ditargetkan rampung 2015," jelasnya.

Menurut Udar, anggaran total yang dikeluarkan dalam proyek ini mencapai Rp1,7 triliun. Pemprov DKI sendiri sejauh ini telah mengeluarkan dana sekitar Rp5,8 miliar sebagai biaya pembuatan Detailed Enginering Design (DED).

"Dana Rp5,8 itu digunakan juga untuk pembuatan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merivitalisasi 18 terminal mulai tahun depan dengan tiga rancangan berupa konsep Mezamine, Pedistrian Cross Consept, dan kombinasi keduanya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Udar Pristono saat ditemui di balai kota.

Udar menjelaskan perbedaan ketiga rancangan atau konsep ini bisa dilihat dari arus pergerakan keluar masuk bus dan penumpang. Di konsep Mezamine, terminal akan dibagi menjadi empat tingkat hingga ke bawah tanah.

"Di tingkat paling atas, tempat bus keluar masuk terminal. Penumpang yang baru turun dari bus di tingkat paling atas harus turun di lantai bawahnya," katanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)