Jakarta bersiap perang

Kamis, 29 Agustus 2013 - 06:05 WIB
Jakarta bersiap perang
Jakarta bersiap perang
A A A
Sindonews.com - Enam puluh delapan tahun lepas Merdeka, pemerintah kota Jakarta mulai memikirkan apa yang sudah diadopsi dan dinikmati selama beberapa dekade oleh warga metropolitan di belahan dunia lain: bagaimana mempertahankan diri jika terjadi perang.

Detil ambisi ini terungkap dalam rubrik Indonesia SINDO Weekly edisi 26, Tahun 2, 2013, Kamis 29 Agustus 2013.

Disebutkan bahwa Kementerian Pertahanan dan Balai Kota telah mencapai konsensus untuk mensinkronkan tata kota dengan sistem pertahanan di masa darurat per tahun 2014. Meski minim detil, tapi sinkronisasi ini antara lain disebut-sebut mencakup rencana pemerintah kota menyulap sejumlah jalan poros ibu kota agar bisa jadi landasan pesawat tempur di masa perang.

"Seperti fly over di kawasan eks Bandara Kemayoran, nanti akan diganti dengan underpass," kata Gubernur Joko Widodo.

Sementara itu, Wakil Menteri Sjafrie Sjamsuddin menyebut tata kota Jakarta di masa datang bakal mencakup pembangunan jalur pendaratan bagi tank amphibi di kawasan pesisir seperti Pantai Mutiara. Di luar itu, Jakarta juga bakal mengadopsi jalan-jalan protokol yang mampu menahan beban kendaraan tempur berat seperti tank.

Sementara itu, dalam soal sistem pertahanan, Kementerian menyebut pertahanan kota bakal kian berotot dengan hadirnya sejumlah alat persenjataan modern.

Per September mendatang, misalnya, Jakarta bakal jadi kota pertama yang dapat kesempatan menangkar seratusan lebih tank tempur utama (MBT) Leopard. Diimpor dari Jerman, tank ini nantinya didistribusikan ke sejumlah provinsi.

Jakarta juga bakal menjadi rumah bagi delapan unit Apache, helikopter tempur kelas wahid yang sedang diproses pembeliannya dari Amerika Serikat.

Dalam soal pertahanan udara, Sjafrie bilang Jakarta bakal segera punya jejaring pertahanan udara yang diperkuat oleh roket jarak jauh.

"Semua persiapan ini adalah hal yang wajar di semua negara berdaulat," kata Sjafrie buru-buru mengecilkan kemungkinan Jakarta mendadak terjebak dalam perang.

Simak ulasan lengkap sistem pertahanan negara di Ibu Kota Jakarta di SINDO Weekly edisi 26 Tahun II yang terbit Kamis 29 Agustus 2013.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5144 seconds (0.1#10.140)