Waspada, komputer bodong masuk mal

Rabu, 24 Juli 2013 - 11:42 WIB
Waspada, komputer bodong masuk mal
Waspada, komputer bodong masuk mal
A A A
Sindonews.com - Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (Miap) mencatat peredaran sofware ilegal atau bajakan mulai meningkat di mal-mal yang berlokasi di luar kota Jakarta.

Sekretaris Jenderal Miap Justisiari P Kusumah mencatat, sejumlah mal di kota besar, seperti Medan, Sumatera Utara merupakan lokasi dengan tingkat tertinggi dalam memperdagangkan software ilegal.

"Di Medan itu ada satu toko yang menjual 25 komputer bodong, tetapi di dalamnya sudah diinstal software bajakan. Setelah Medan baru Bandung di urutan dua, dan Jakarta," paparnya dalam rilis yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Sepanjang semester I tahun ini, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri serta Dirjen HKI Kemenkum HAM telah melakukan sidak di tiga kota besar tersebut, yakni Jakarta, Bandung dan Medan.

"Ada 12 TKP (tempak kejadian perkara) yang disidak. Di tiga kota itu masing-masing kota, kita petakan empat TKP. Jadi terbanyak itu di dua TKP di Medan, kemudian satu di Bandung dan satu di Jakarta (point square)," imbuhnya.

Namun demikian, diakui dia, dari temuan tersebut, baik Miap maupun Mabes Polri belum bisa memperkirakan berapa jumlah kerugian akibat perdagangan komputer dengan software ilegal tersebut.

"Itu sulit dihitung, kecuali kalau sudah masuk pengadilan, mungkin bisa sedikit terkuak karena kita tidak tahu sejak kapan mereka menjual komputer bodong dengan software ilegal itu," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4795 seconds (0.1#10.140)