BNN ungkap modus peredaran narkoba menggunakan TKW

Rabu, 17 Juli 2013 - 07:07 WIB
BNN ungkap modus peredaran...
BNN ungkap modus peredaran narkoba menggunakan TKW
A A A
Sindonews.com - Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang banyak bekerja di luar negeri kerap digunakan sebagai alat untuk membawa masuk narkoba ke Indonesia. Untuk itu Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan pemahaman tentang Narkoba, cara para bandar untuk mendekati TKW.

Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama puluhan TKW yang dikelola oleh PT. Bidar Timur di Jalan. Kampung Cikunir Bulak RT 04 RE 12 No.61, Bekasi Selatan.

"TKW memang sangat rentan dimanfaatkan untuk menjadi kurir oleh bandar narkoba, karena mereka kurang pengetahuan tentang apa itu narkoba," ujar Mayjen TNI Purnawirawan Nono Sukarno, saat memberikan materi dalam rorum diskusi tersebut, Selasa (16/7/2013).

Pesan moral serta rasa nasionalisme memang lebih ditekankan pada diskusi ini, sehingga calon TKW dapat mawas diri di negeri orang, terutama pada orang asing yang sama sekali tidak kenal.

Staf BNN Rusdiana mengatakan, keberadaan TKW di luar negeri memang kerap dijadikan alat. Selanjutnya orang asing yang memiliki narkoba akan memperdaya TKW dengan kesenangan seperti beli baju dan jalan-jalan.

"Jangan sampai TKW dimanfaatkan oleh oknum tertentu ketika berada di luar negeri, karena kebanyakan masalah TKW adalah menjadi kurir narkoba," tutur Rusdiana.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0760 seconds (0.1#10.140)