Kemiripan masalah, Brasil kerja sama dengan Jakarta

Senin, 15 Juli 2013 - 16:54 WIB
Kemiripan masalah, Brasil kerja sama dengan Jakarta
Kemiripan masalah, Brasil kerja sama dengan Jakarta
A A A
Sindonews.com - Brasil, Amerika Selatan, akan melakukan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam sister city. Pasalnya, keduanga memiliki masalah yang sama terkait sampah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama setelah melakukan pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Brazil Paulo Alberto da Silveira Soares, di Balai Kota, Pemprov DKI Jakarta.

"Dia (Brasil) mau minta kita jadi sister city, terus dia sampikan Brasil itu mirip dengan kita, soal buang sampahya, segala macam, soal rumah kumuhya soal masalah airnya, dan transportasi," beber pria yang biasa disapa Ahok ini di Balai Kota, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Mantan Wali Kota Belitung Timur ini manegaskan, berkaca dari Brasil bukan berarti mengadopsi semua yang mereka lakukan, tapi paling tidak akan mengurangi persoalan yang ada di Jakarta.

"Enggak ngadopsi, tapi minimal mirip-miriplah, kalau kita mau belajar ke Eropa kejauhan kan, belajar dari Bangkok lebih dekat, Singapura juga jauh, Hongkong juga jauh, Bangkok ya mereka selangkah lebih maju dari kita, mirip-mirip masalahnya, kita lebih cocok belajar ke Bangkok mereka sedang menangani masalah seperti kita soal kependudukan," terangnya.

Untuk itu, kata dia, kerja sama dalam bentuk sister city akan dilakukan dalam beberapa persoalan laten Jakarta, agar ibu kota ini menjadi lebih baik.

"Macam-macam sampah, sampai energi, jangan sampai ngulangin kesalahan yang sama," katanya.

Menindaklanjuti kerja sama itu, kata dia, pihaknya sementara menyusun master plan yang akan digunakan dalam kerja sama yang direncanakan itu.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3014 seconds (0.1#10.140)