ODNR, PLN Depok terapkan hemat energi

Selasa, 09 Juli 2013 - 11:35 WIB
ODNR, PLN Depok terapkan hemat energi
ODNR, PLN Depok terapkan hemat energi
A A A
Sindonews.com - Tidak hanya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang bisa melakukan program sehari tanpa mobil atau One Day No Car sebagai bentuk hemat bahan bakar minyak (BBM). Kini Perusahaan Listrik Negara (PLN) Depok meniru program itu.

Manajer Area PLN Depok Sinung Yuwono mengatakan, dari jajaran pimpinan dan manajemen sudah mulai mengurangi pemakaian kendaraan dinas. Setiap hari Selasa, kata dia, perusahaan menyiapkan sepeda motor operasional untuk jajaran pimpinan.

"Ada juga yang dengan sepeda. Beberapa kendaraan dinas pejabat dikurangi, kami pinjami motor, pakai motor operasional. Ada enam motor yang kami siapkan," kata dia dikantornya saat kunjungan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Selasa (9/7/2013).

Dia menilai, kebijakan tersebut efisien dan efektif mengurangi jumlah pemakaian BBM serta menghemat pengeluaran. Apalagi, lanjut Sinung, kemacetan tak bisa diprediksi sedangkan kecepatan pelayanan mampu ditempuh memakai motor.

"Rata-rata menghemat kalau pakai motor dua liter bisa dua minggu, di hari Selasa saja, kalau program One Day No Rice (ODNR) kami lakukan secara bertahap," ujarnya.

Ia mengungkapkan, sejalan dengan program nasional penggunaan mobil listrik, pihaknya juga akan menggagas hal yang sama. Apalagi Depok memiliki Dasep Ahmadi, produsen mobil listrik.

"Kami wacana akan pakai mobil listrik. Dikembangkan, sudah akan gunakan mobil listrik Depok, akan dikembangkan mobil Pak Dasep, agar sejalan program nasional, instruksi menteri BUMN Dahlan Iskan," paparnya.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan ODNC sebagai langkah efektif yakni penghematan energi secara nasional. Ia menambahkan, PLN dan industri sudah mulai mencoba program ODNC bersama serikat pekerjanya.

"Untuk ODNC, PLN Depok sudah menggalakkan program pro energi, pro lingkungan. Harus coba jajaki green transportation. Akan jadi perilaku yang baik," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4524 seconds (0.1#10.140)