RS jiwa utamakan pasien dari panti laras

Senin, 08 Juli 2013 - 10:52 WIB
RS jiwa utamakan pasien dari panti laras
RS jiwa utamakan pasien dari panti laras
A A A
Sindonews.com - Ribuan pasien yang menginap penyakit jiwa berasal dari empat panti laras atau orang gila yang tidak punya keluarga. Jumlah itu merupakan hasil dari kerja sama Satpol PP dan Dinas Sosial kemudian dimasukkan ke berbagai panti laras.

Sedangkan rumah sakit Pemerintah Desa (Pemda) DKI Jakarta yang khusus menangani pasien sakit jiwa hanya ada dua Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Grogol, Jakarta Barat dan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur.

Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur, sebagai rumah sakit khusus di bawah Pemda DKI Jakarta untuk rawat inap bagi pasien jiwa menampung sekira 150 ranjang (bed).

Humas RSKD Duren Sawit Teguh mengatakan, pasien jiwa yang ada di rumah sakit ini diprioritaskan yang didatangkan dari panti laras.

"Kalau dari luar panti (pasien jiwa yang masih ada keluarga) banyak namun kami memprioritaskan dari panti laras" ujarnya kepada Sindonews, Senin (8/7/2013).

Menurutnya, pasien jiwa paling banyak terjadi di umur 18-50 tahun. Penyebab dari banyaknya pasien jiwa dikarenakan masalah rumah tangga, masalah dengan warga sekitar, masalah di kantor, dan masalah kuliah.

Saat ini, sekira 145 pasien jiwa yang terdiri dari pasien dengan kategori gaduh dan gelisah (berontak) dan stabil yang ditangani oleh RSKD Duren Sawit.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4352 seconds (0.1#10.140)