Pengusaha sawit tertipu ratusan juta rupiah

Jum'at, 05 Juli 2013 - 20:12 WIB
Pengusaha sawit tertipu ratusan juta rupiah
Pengusaha sawit tertipu ratusan juta rupiah
A A A
Sindonews.com - Berniat mengembangkan sauaha perkebunan swaitnya, Rahmansyah Nur Ahmad (53) malah mejadi korban komplotan penipuan. Tak tanggung-tanggung korban menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Peristiwa itu bermula saat korban berniat mencari pinjaman sebesar Rp5 miliar untuk pengembangan usahanya. Dari informasi yang didapat, ada seorang bos besar di Jakarta yang mau meminjamkan uang dalam jumlah besar.

Setelah tiba di Jakarta, Rahman menghubungi M (54) penghubung dengan bos besar pemberi pinjaman. Ternyata untuk mendapat pinjaman tersebut, Rahman diharuskan membayar biaya adminstrasi sebesar Rp155 juta secara tunai dimuka.

Tanggal 1 Juli 2013, mereka sepakat bertemu di Taman Mini, Jakarta Timur untuk bertransaksi, Rahman yang datang bersama rekannya, Tritanto langsung bertemu dengan dua orang yang mengaku bos besar pemberi dana, berinisial S dan P.

"Mereka bertransaksi disamping Bank BNI cabang Taman Mini," ujar Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Mulyadi Kaharni usai acara pemusnahan miras di Polsek Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2013).

Saat bertransaksi, bos besar berinisial S, mengiming-imingi korban dengan pinjaman yang lebih besar yakni Rp10 miliar, mendapat tawaran itu korban semakin bernafsu.

Pelaku langsung memberikan koper yang diakuinya berisi uang Rp1 miliar sebagai pinjaman awal. Ternyata di dalam koper berisi uang mainan.

Merasa ditipu, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ciracas. Dari informasi yang diberikan korban, polisi berhasil menangkap seorang pelaku yakni M, yang berperan sebagai penghubung antara pelaku lain dengan korban.

"Dua orang lagi masih DPO, masih kami kembangkan kasus ini dari keterangan saksi dan korban," imbuhnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8062 seconds (0.1#10.140)