Kelola sampah, Tangsel jadi pilot project ITF

Kamis, 04 Juli 2013 - 10:56 WIB
Kelola sampah, Tangsel jadi pilot project ITF
Kelola sampah, Tangsel jadi pilot project ITF
A A A
Sindonews.com – Untuk menangnai masalah sampai, Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan menerapkan Intermediate Treatment Facility (ITF). Untuk merelaisasikan rencana ini, Pemkot Tangsel menyiapkan lahan seluas 2.000 meter persegi di Kecamatan Pondok Aren.

Sekretaris Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, Abdul Azis menegaskan, Tangsel menjadi pilot project pengelolaan sampah dengan menerapkan ITF.

"Nantinya, akan ada 6-7 ton sampah perhari yang akan diolah menjadi kompos dan gas," terangnya, Kamis (4/7/2013).

Menurutnya, ITF akan berdiri diatas 2 ribu meter persegi diantara Kelurahan Perigi Lama dan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel. ITF sendiri merupakan lahan untuk pembuangan sampah sementara namun dikhususkan untuk sampah organik.

Projek senilai Rp 10 miliar ini, sepenuhnya akan dibiayai pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Sedangkan untuk pengoperasiannya, akan diserahkan kepada DKPP, serta melibatkan masyarakat setempat.

Jika beroperasi nantinya dalam sehari ITF bisa menampung 6-7 ton sampah yang dihasilkan masyarakat Tangsel. Selain Tangsel diinformasikan beberapa kota besar seperti Banda Aceh dan Bima juga akan dijadikan lokasi pilot projeck
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2168 seconds (0.1#10.140)