Pilkades ricuh, pencairan BLSM di kantor Pos Tangerang

Senin, 01 Juli 2013 - 20:04 WIB
Pilkades ricuh, pencairan BLSM di kantor Pos Tangerang
Pilkades ricuh, pencairan BLSM di kantor Pos Tangerang
A A A
Sindonews.com - Akibat kericuhan yang terjadi pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Tangerang, penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) disentralisasikan di kantor Pos Pusat Tangerang di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang.

Makanya, ribuan warga serentak mendatangi kantor pos untuk mencairkan BLSM sebesar Rp300 ribu untuk bulan Juli-Agustus, sehingga antrean membludak. Sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara warga yang tidak sabar mengantre. Sejumlah warga juga terpaksa harus dievakuasi lantaran pingsan, karena berdesakan dan kepanasan.

Kepala Kantor Pos Pusat Tangerang Toto menyatakan, penyaluran BLSM itu disentralisasi, selain karena belum siapnya jadwal penyaluran di kantor pos cabang, juga karena alasan keamanan.

"Yah Pilkades berjalan ricuh. Bukan masalah penyalurannya, tapi pendistribusian KPS (Kartu Peduli Sosial) sebagai syarat pencairan BLSM. Kami mengkhawatirkan dipolitisasi. KPS dimanfaatkan oleh calon kades untuk kampanye," kata Toto di kantornya, Senin (1/7/2013).

menurutnya, pihaknya baru berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang untuk persiapan penyaluran BLSM. Pihaknya meminta, kepada Bupati Tangerang untuk mensosialisasikan KPS ke Camat dan Lurah sehingga bantuan tidak dipolitisasi.

"Nanti malam kita akan susun jadwal penyaluran BLSM. Besok, sudah bisa dicairkan di kantor cabang. Tapi jadwalnya tidak serentak, melainkan bergantian," ujarnya.

Untuk Senin ini, Toto memprediksi ada sekira 7.000 warga Kabupaten Tangerang yang mencairan BLSM, dari total penerima 147.090 rumah tangga miskin (RTS).

Total dana yang disalurkan mencapai mencapai Rp44 miliar untuk warga Kabupaten Tangerang. "Pencairan dapat dilakukan di 30 kantor cabang yang tersebar di Kabupaten Tangerang," katanya.

Sebenarnya, kata Toto, pihaknya sendiri masih melayani penyaluran BLSM untuk warga Kota Tangerang. Dia memprediksi untuk warga Kota Tangerang yang telah mencairkan BLSM-nya sekira 80 persen.

"Total warga kota yang menerima BLSM sekira 47.394 RTS dengan total anggaran Rp14 miliar. Untuk kota pencairan sudah dapat dilakukan di lima kantor cabang," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7313 seconds (0.1#10.140)