600 Pramuka berlaga di LKB

Minggu, 23 Juni 2013 - 17:50 WIB
600 Pramuka berlaga di LKB
600 Pramuka berlaga di LKB
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 600 anggota Pramuka Penggalang dari tiga Provinsi, yakni Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat ikut berlaga dalam Lomba Kejar Bintang (LKB) yang digelar di Pangkalan SMP N 2 Depok, Gudep 01.029-01.030 Kota Depok.

Mereka memperebutkan piala bergilir Ka Kwarnas ini terselenggara atas kerjasama Kwarcab Pramuka Kota Depok, Kodim 0508/Depok, Polresta Depok, dan Kwartir Nasional.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka (Kwarcab) Kota Depok, Sariyo Sabani mengatakan, kegiatan ini tidak hanya diikuti anggota pramuka Depok saja, tetapi ada juga dari Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Bandung.

LKB tahun ini lebih banyak pesertanya dibanding sebelumnya. Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi lomba membuat tandu, P3K, Pioner, cerdas cermat, semaphore, morse, dan membuat batik.

"Semua bentuk lomba itu membutuhkan kebersamaan dan kekompakkan tim dalam membuat sesuatu, seperti membuat tandu dibutuhkan ketepatan waktu dan kekompakkan tim agar cepat dan tepat saat menolong korban," ujar Sariyo kepada wartawan, di Depok, Minggu (23/6/2013).

Peserta LKB sebanyak 600 anggota Pramuka merupakan anak-anak pramuka terbaik yang terpilih dari masing-masing gugus depan (Gudep). Diharapkan dengan LKB ini, anggota pramuka bisa menjadi tanggap, dan memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi dalam menolong sesama.

"Pramuka sudah mulai mendidik anak-anak untuk tanggap dan peduli meskipun dengan cara sederhana," ungkapnya.

Sariyo juga mengaku bangga dengan keberanian gugus depan dalam menyelenggarakan kegiatan LKB ini. Tidak hanya LKB, kegiatan lainpun telah banyak digelar oleh gudep-gudep di Kota Depok. Tidak menutup kemungkinan bagi anggota pramuka yang berprestasi akan diikuti pada lomba tingkat cabang, maupun nasional.

"Ini hanya lomba tingkat gugus depan tapi diikuti peserta dari luar Depok. Pramuka Depok sudah bisa diandalkan terbukti pada lomba tingkat Jawa Barat kita bisa masuk 10 besar," terangnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5163 seconds (0.1#10.140)