Target Piala Adipura, Bekasi tambah 47 truk sampah

Senin, 17 Juni 2013 - 20:25 WIB
Target Piala Adipura, Bekasi tambah 47 truk sampah
Target Piala Adipura, Bekasi tambah 47 truk sampah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menambah 47 unit truk armada pengangkut sampah di bulan ini. Pasalnya, jumlah armada pengangkut sampah milik Dinas Kebersihan memang belum memadai. Beberapa truk malah ada yang tak layak beroperasi tapi tetap dipaksakan jalan.

Kepala Dinas Kebersihan Junaedi mengatakan, pihaknya akan menambah 47 truk pengangkut sampah. Karena saat ini, Kota Bekasi hanya mempunyai 97 truk dengan kondisi sebagian sudah rusak suku cadangnya. "Bulan ini kita tambah 47 unit truk pengangkut," kata Junaedi di Bekasi, Senin (17/6/2013).

Dia mengatakan, penambahan armada sampah itu merupakan bagian dari komitmen pemerintah setempat dalam memprioritaskan pembelian infrastruktur kebersihan hingga 2015. Apalagi, sampah yang terangkut dengan armada saat ini hanya 3.000 kubik per hari dari total produksi 6.000 kubik perhari.

Penambahan armada ini, kata dia, ingin mewujudkan target meraih kembali Piala Adipura pada tahun 2014 atau 2015. Sehingga dibutuhkan proses panjang yang disertai perencanaan matang. "Kami akan mengupayakan kebersihan lingkungan dengan pengelolaan sampah di Bekasi," ujarnya.

Selain karena belum terbentuknya budaya cinta lingkungan di kalangan masyarakat, kata dia, pemerintah pun masih serba terbatas dalam menyediakan infrastruktur penunjang terciptanya lingkungan yang bersih sejak beberapa tahun terakhir untuk meraih Adipura kembali.

Dengan adanya penambahan truk itu, lanjut dia, sekitar 60 persen dari produksi sampah harian warga Kota Bekasi bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu di Kecamatan Bantar Gebang. "Jika 20 persen sampah yang tak terangkut dapat dikelola masyarakat sendiri," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5862 seconds (0.1#10.140)