Bekasi puji pengolahan sampah DKI

Kamis, 13 Juni 2013 - 17:20 WIB
Bekasi puji pengolahan sampah DKI
Bekasi puji pengolahan sampah DKI
A A A
Sindonews.com - Prestasi gemilang pada bidang lingkungan hidup, dan pengelolaan kebersihan kota, kembali diraih Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Tiga kota administratif di Provinsi DKI Jakarta kembali meraih piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Selain piala Adipura, Pemprov DKI Jakarta juga menerima sertifikat Adipura, serta dua plakat Adipura. Pemprov DKI juga mendapatkan penghargaan penyusunan status lingkungan hidup daerah (SLHD), dengan predikat terbaik nasional, dan salah satu warga DKI mendapatkan Kalpataru untuk kategori perintis lingkungan.

Adapun ketiga kota di wilayah DKI Jakarta yang berhasil meraih piala Adipura untuk kategori kota metropolitan yakni, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sedang untuk sertifikat Adipura diraih oleh Jakarta Barat.

Untuk sarana dan prasarana kota terbaik yang menerima plakat Adipura dengan kategori taman terbaik diraih taman kota situ lembang, Jakarta Pusat. Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga mendapatkan plakat Adipura dengan kategori proses akhir sampah terbaik, di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan prestasi tersebut merupakan hasil jerih payah seluruh komponen masyarakat dan aparat mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga kota administrasi.

“Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Jakarta, karena telah berhasil menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya," ujar Unu, kepada wartawan, di Bekasi, Kamis (13/6/2013).

Menurutnya, Adipura hanya sasaran sementara. Sedangkan yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kesadaran dari masyarakat dan menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat.

“Jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan, seperti kekali dan saluran air karena dapat merusak lingkungan dan mengakibatkan banjir,"katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Godang Tua Djaya Rekson Sitorus mengaku, bangga dan mengapresiasi dengan pencapaian yang diraih Pemprov DKI, terutama Dinas Kebersihan DKI.

“Saya ucapkan selamat kepada Dinas Kebersihan DKI, kami sangat mengapresiasi dan meyambut baik prestasi tersebut. Tentunya, kami berharap kedepan prestasi tersebut dapat diraih kembali oleh Dinask Kebersihan DKI,“ ungkap Rekson.

Diterangkan dia, rasa bangga juga menyelimuti tubuh PT Godang Tua Djaya selaku pengelola TPST Bantargebang Bekasi. Sebab, TPST Bantargebang menerima plakat Adipura dengan kategori proses akhir sampah terbaik tingkat nasional.

“Prestasi ini tidak akan membuat kami jumawa berlebihan, namun akan kami jadikan sebagai pelecut dan motivasi agar lebih baik lagi. Kami berjanji akan berupaya menjadi yang terbaik selamanya," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6166 seconds (0.1#10.140)