20 perguruan tinggi se-Jabodetabek ikuti festival jurnalistik

Senin, 10 Juni 2013 - 11:20 WIB
20 perguruan tinggi se-Jabodetabek ikuti festival jurnalistik
20 perguruan tinggi se-Jabodetabek ikuti festival jurnalistik
A A A
Sindonews.com - Kampus IISIP, Jakarta, menggelar seminar jurnalistik, talkshow, dan pelatihan fotografi, dengan mengundang sejumlah pemimpin redaksi (Pemred) media massa. Salah satunya yakni Pemred www.okezone.com Muhammad Budi Santosa.

Acara tersebut digelar selama dua hari, yakni Senin 10 Juni 2013 dan Rabu 12 Juni 2013. Kegiatan tersebut merupakan yang keempat, digelar mahasiswa IISIP setiap tahunnya.

Ketua Panitia Dhanu Akbar M Daeng mengatakan, tema khusus yang akan dibahas yakni seputar literasi media dengan tema utama, media massa dalam kontrol sosial masyarakat. Pembicara berasal dari praktisi media, dan juga Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI).

"Mengapa kita ambil tema literasi media, karena saat ini media sangat mampu mempengaruhi cara pandang masyarakat atau opini publik. Produk yang mereka jual cenderung mempengaruhi pemikiran kita untuk mendukung ideologi mereka," ujarnya di lokasi, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Dengan kegiatan itu, mahasiswa berharap, masyarakat bisa menyaring setiap informasi yang diberikan masing-masing media. Menurutnya, media televisi lebih berpengaruh mempengaruhi pemikiran masyarakat, karena bersifat audio visual dan lebih sering dikonsumsi masyarakat.

"Acara ini diikuti mahasiswa dari 20 perguruan tinggi se-Jabodetabek, dan 25 SMA se-Jabodetabek," jelasnya.

Usai seminar, juga akan digelar praktik peliputan khusus untuk media televisi. Selain dihadiri Pemred Okezone, acara tersebut juga diikuti oleh Pemred ANTV, Redpel Forum Keadilan, dan perwakilan AJI Jakarta.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7502 seconds (0.1#10.140)