Instalasi kebakaran tak berfungsi, DPRD semprot Pemkot Depok

Jum'at, 31 Mei 2013 - 14:07 WIB
Instalasi kebakaran...
Instalasi kebakaran tak berfungsi, DPRD semprot Pemkot Depok
A A A
Sindonews.com - DPRD Depok menyesalkan terjadinya kebakaran, yang menghanguskan ratusan kios di Pasar Cisalak, Jalan Raya Bogir, Cimanggis, Depok.
Padahal, DPRD mengklaim telah mengalokasikan anggaran untuk instalasi pemadam kebakaran selama dua tahun, untuk setiap pasar tradisional di Depok.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Depok Rintisyanto, saat mengunjungi lokasi kebakaran. Penyebab kebakaran korsleting listrik, tak diantisipasi dengan baik hingga api membesar.

"Ada beberapa hal, pertama memang lokasinya berada di dalam, jadi cukup sulit dijangkau pemadam kebakaran. Lalu memang yang dijual disini barang-barang yang mudah terbakar, sehingga cepat merembet ke kios yang lain. Saya sesalkan, saya akan kirim surat ke beberapa pihak, hidrant di pasar Cisalak sudah dianggarkan tapi tak berfungsi," katanya kesal, Jumat (31/05/2013).

Rintis menegaskan, meskipun hidrant dan appar telah lengkap di tiap kios, namun tak ada yang berfungsi. Belum lagi kolam air yang tak ada, sehingga sulit mencari sumber air.

"Hidrant di lokasi kebakaran, dan gedung di sebelahnya tak berfungsi. Hidran ada, kolam tidak ada, airnya tidak ada. Anggaran padahal sudah selama dua tahun. Damkar kesulitan, tidak ada sumber air, sehingga tidak cepat mematikan api," paparnya.

Rintis juga mengungkapkan, instalasi listrik juga sudah berusia tua sekitar 20 tahunan.

"Awal kebakaran murni arus pendek, setiap pasar kan sudah dilengkapi pemadam. Di perda juga kita wajibkan, tapi ini semua tidak berfungsi, harusnya dinas terkait sudah mengantisipasi jadi api tak menyebar begitu luas," tukasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1884 seconds (0.1#10.140)