Hati-hati, marak kejahatan derek liar di jalan

Rabu, 29 Mei 2013 - 16:43 WIB
Hati-hati, marak kejahatan derek liar di jalan
Hati-hati, marak kejahatan derek liar di jalan
A A A
Sindonews.com - Bagi anda yang sering bepergian menggunakan kendaraan roda empat, harus lebih berhati-hati. Sebab belakangan ini marak aksi kejahatan dengan modus derek liar, di jalan umum maupun tol.

"Derek liar sudah menjamur tidak hanya di jalan raya, tetapi juga di jalan tol. Modus operandi kawanan ini sudah dapat ditebak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Dia menambahkan, modus operandi kejahatan derek liar ini umumnya mengahampiri kendaraan yang berhenti di pinggir jalan tol maupun jalan raya. Setelah itu, pelaku meminta paksa korban agar kendaraannya bersedia diderek.

"Mereka aktif beroperasi mencari korbannya di jalan tol dan umum," jelasnya.

Para pelaku derek liar, awalnya berpura-pura membantu kendaraan yang bermasalah ataupun mogok. Namun setelahnya, mereka meminta imbalan secara paksa dengan harga yang melebihi ketentuan PT Jasa Marga.

"Para pelaku cenderung memaksa untuk memakai jasa dereknya sampai korban tidak berdaya dan tidak ada pilihan lain selain menggunakan jasa mereka," paparnya.

Bahkan, tak jarang para pelaku secara sengaja membuat mobil korban mogok semakin parah. Aksi para pelaku derek liar ini terungkap berdasarkan laporan pengemudi Daihatsu Espass milik IHS.

"Korban yang kala itu berhenti di bahu jalan karena ingin buang air kecil di Jalan Tol Jagorawi Km 4, Jakarta Timur, tiba-tiba dihampiri gerombolan pelaku. Mereka kemudian mengaitkan rantai terhadap mobil korban secara paksa lalu mendereknya," paparnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7038 seconds (0.1#10.140)