Jokowi sesalkan penertiban PKL di Pasar Minggu

Kamis, 18 April 2013 - 17:14 WIB
Jokowi sesalkan penertiban PKL di Pasar Minggu
Jokowi sesalkan penertiban PKL di Pasar Minggu
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi saat penggusuran Pedagang Kaki Lima (PKL) di Stasiun Pasar Minggu, oleh aparat keamanan. Sebab jauh hari sebelumnya, dia mengaku sudah berbicara dengan kedua belah pihak.

"Selama ini saya sampaikan perlu waktu. Jangan menyelesaikan masalah itu dengan kekerasan," ujar Jokowi, di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Ditambahkan dia, saat berdialog dengan pihak stasiun, dirinya menanyakan solusi yang ditawarkan pihak stasiun jika ingin merelokasi para PKL itu. Dia juga menginginkan solusi permanen dan lahan yang bisa di tempati untuk para PKL tersebut.

"Ke stasiun-stasiun sudah tanya. Ada solusi enggak? Ada lahan enggak? Kepakai enggak? Solusi permanennya gimana? Kamu saya ajak bicara solusinya apa? Ada lahan enggak buat mereka?" tuturnya.

Namun begitu, jika tidak ada solusi dari pihak stasiun, Pemprov DKI telah menyiapkan lahan berbentuk kios untuk para PKL tersebut. Menurutnya, orang kecil seperti PKL tetap harus diberi ruang berbicara.

"Saya siapin kiosnya, berupa lahan. Kalau orang kecil kaya mereka, ya mesti dikasih ruang," jelasnya.

Seperti diberitakan, kericuhan terjadi saat aparat keamanan yang terdiri dari PKD, Satpol PP, dan Polsek Pasar Minggu, ingin menertibkan para PKL yang biasa berjualan di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3982 seconds (0.1#10.140)