Budaya Betawi mulai terpinggir

Senin, 15 April 2013 - 08:47 WIB
Budaya Betawi mulai terpinggir
Budaya Betawi mulai terpinggir
A A A
Sindonews.com - Budayawan Betawi H. Bolot bercerita, budaya betawi sebenarnya tidak hilang, namun masih ada di pinggir-pinggir kota wilayah Jakarta, seperti di daerah Tanggerang dan Bekasi.

Seni musik, tari, makanan dan ondel-ondel yang saat ini menjadi icon budaya betawi pun, kini sudah mulai meredup dan hanya tinggal menjadi tontonan di moment-moment besar tertentu atau pada saat hajatan nikahan seseorang yang masih ingin melihat budaya betawi.

Termasuk ondel-ondel, saat ini ondel-ondel menjadi tontonan yang lumrah di pinggir jalan, dengan satu orang mengumpulkan saweran menggunakan baskom dari bergoyangnya ondel-ondel yang berkeliling.

"Saya gak setuju sama pengamen ondel-ondel yang di pinggir jalan, karena itu ngerendahin budaya betawi" ujar H.Bolot saat dihubungi Sindonews.

Lanjut H. Bolot, seharusnya yang mengamen itu jangan bawa-bawa budaya betawi, kita juga tahu bahwa pengamen itu mencari uang. Tapi caranya salah. Tandas H. Bolot. Saat dimintai keterangan tentang sosok pemimpin DKI Jakarta yang peduli akan budaya, H. Bolot tidak memberikan komentar.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)