Pemkot Tangsel fokus revitalisasi pasar tradisional

Senin, 08 April 2013 - 03:12 WIB
Pemkot Tangsel fokus revitalisasi pasar tradisional
Pemkot Tangsel fokus revitalisasi pasar tradisional
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus berbenah menata kota tersebut. Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya saat ini memfokuskan penataan pasar yang ada di Kota Tangsel.

Penataan itu terutama soal kebersihan dan juga kualitas produk yang diperjualbelikan. Salah satunya adalah merevitalisasi pasar tradisional sehingga mampu bersaing dengan swalayan atau minimarket yang ada di wilayah Tangsel.

“Pembenahan pasar tradisional saat ini jadi program mengingat pasar tradisional merupakan salah satu pusat ekonomi masyarakat dari segala strata,” kata Airin, Minggu (7/4/2013).

Sebelumnya, Pemkot Tangsel mulai melakukan pembenahan di sejumlah pasar, dengan cara mengenakan retribusi terhadap timbangan yang ada di pasar.

Rencana awal, tiga pasar akan dijadikan percontohan atas realisasi aturan tersebut, yakni Pasar Modern BSD, Pasar Bintaro dan Pasal Delapan, Alam Sutera.

Hal itu dibenarkan Kabid Pengawasan dan Informasi Usaha Irma Safitri kepada wartawan saat dikonfirmasi. Menurutnya, pemungutan retribusi ukur atau timbangan untuk menjamin hak konsumen atas ukuran yang tepat dari setiap barang yang ditimbang.

“Untuk biaya retribusi timbangan sendiri yang harus dibayarkan oleh para pedagang sekitar Rp500 sampai puluhan ribu. Retribusi yang dikenakan tergantung atas jenis timbangan,” ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9479 seconds (0.1#10.140)