Pelaku mutilasi mayat wanita di tol a sosial

Rabu, 06 Maret 2013 - 23:42 WIB
Pelaku mutilasi mayat wanita di tol a sosial
Pelaku mutilasi mayat wanita di tol a sosial
A A A
Sindonews.com - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Mulyana Wira Kusuma menilai, pelaku pembunuhan wanita yang potongan tubuhnya ditemukan di jalan tol Cikampek arah Bekasi dilakukan seorang diri. Namun begitu, saat memutilasi korbannya, dia dibantu oleh orang lain.

"Walau pelaku pembunuhan seorang diri, tapi dalam proses mutilasi atau pembuangan potongan mayat (dia) dibantu orang lain," kata Mulyana kepada Sindonews, Kamis (7/3/2013).

Lebih anjut, dia menduga, pelaku pembunuhan dan mutilasi memiliki hubungan dekat dengan korbannya. Dia juga memiliki rekam jejak kekerasan dalam hubungan rumah tangga.

"Pelaku dipastikan memiliki rekam jejak kekerasan atau paling tidak, kekerasan dalam rumah tangga. Bukan hanya kekerasan sadistik, akan tetapi juga kekerasan simbolik," sambungnya.

Ditambahkan dia, ada pesan yang coba pelaku sampaikan kepada masyarakat melalui pembunuhan sadis itu. Pesan itu tak lain adalah kekejaman itu sendiri. Dengan begitu, dapat diartikan sosok pelaku yang anti sosial.

"Pelaku ingin publik mengetahui kekejaman yang dilakukannya. Dengan begitu, pelaku kemungkinan adalah orang yang a sosial. Cenderung mengisolasi diri dari pergaulan," ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk dapat mengungkap kasus ini, dia berpesan kepada aparat kepolisian untuk melakukan investigasi dengan menyebar sketsa wajah pelaku. Polsek yang berada dijarak 20-40 kilometer juga diminta segera mengumpulkan keterangan masyarakat.

"Proses investigasi harus dilakukan deng menyebar sketsa wajah. Polsek-polsek diradius 20-40 km diminta untuk mengumpulkan laporan masyarakat. Petugas pintu tol diminta melapor kendaraan mencurigakan pada malam pembuangan," terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7484 seconds (0.1#10.140)