Polisi temukan 5 senjata replika di depan sekolah Triguna

Senin, 04 Maret 2013 - 14:32 WIB
Polisi temukan 5 senjata replika di depan sekolah Triguna
Polisi temukan 5 senjata replika di depan sekolah Triguna
A A A
Sindonews.com - Jajaran Polsek Metro Kebayoran Baru menduga, lima pucuk senjata api yang ditemukan di depan sekolah Triguna di Jalan Hang Lekiu III, No 7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tadi pagi hanya senjata replika dengan kemiripan hingga 90 persen.

Kapolsek Metro Kebayoran Baru AKBP Adex Yudisman membeberkan, berdasarkan hasil pemeriksaan awal Satuan Intel Wasendak Polda Metro Jaya dan Perbakin, lima pucuk senjata tersebut merupakan senjata model atau replika yang tidak bisa dipergunakan.

"Awalnya kami juga menduga senjata api. Tapi setelah diuji fisik Perbakin dan Intel Polda, lima pucuk senpi itu ternyata hanya senjata replika yang biasa digunakan di film-film atau dipajang," katanya di Jakarta, Senin (4/3/2013).

Meski demikian, temuan lima senjata api ini akan ditelaah lebih lanjut dengan melakukan uji balistik di Pusat Labolatorium Forensik Mabes Polri. Mengingat senjata yang ditemukan tersebut memiliki kemiripan dengan senjata asli, sehingga perlu dipastikan kebenarannya.

Lima pucuk senjata api ini juga dinilai berbeda dengan senjata api asli jenis air soft gun.

"Ini bukan juga senjata air soft gun, karena tidak bisa digunakan. Walau hanya replika, senjata ini tetap harus memiliki izin kepemilikan. Sebab, model senjata ini tidak diperjualbelikan secara bebas. Maka dari itu, kita akan selidiki kepemilikannya," tegasnya.

Menurut Adex, senjata replika temuan tersebut bisa digunakan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Karena itu, perlu dilakukan penyelidikan lebih jauh soal asal muasal dan penggunaan senjata api replika ini. Berdasarkan pemeriksaan, kelima senjata replika tersebut berjenis, Thomson, M-4 (M-16) M-Uzi, M-11 (jepang) dan Aka 47.

"Senjata replika itu bisa digunakan untuk apa saja, bisa saja untuk shooting film, atau bahkan kejahatan. Karena itu perlu penyelidikan lebih lanjut," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3569 seconds (0.1#10.140)