Jokowi serius bangun tanggul laut raksasa

Senin, 11 Februari 2013 - 16:57 WIB
Jokowi serius bangun tanggul laut raksasa
Jokowi serius bangun tanggul laut raksasa
A A A
Sindonews.com - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membangun tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall dinilai tidak main-main. Dia mengklaim, jika semua pembahasan sudah disepakati, maka pembangunan itu sudah mulai dilakukan.

"Masih terus diproses rencana pembangunan ini. Secepatnya akan kita segera saya putuskan juga, tetapi memang masih dalam penghitungan yang teknis, ekonomi dan masalah lingkungan. Semua lah. Kita masih terus bahas,” ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/2/2013).

Sebelumnya, rasa optimis rencana pembangunan fisik tanggul laut raksasa dikarenakan dana pembangunan dapat dibiayai dari APBD DKI. Namun, bisa juga memakai pola investasi, karena mega proyek tersebut cukup menggiurkan pihak swasta.

Situasi tersebut, yang memudahkan pemerintah Jakarta untuk secepatnya membangun proyek yang di taksir dananya mencapai lebih dari Rp100 triliun.

“Dananya gampang. Dari APBD juga bisa. Dananya lebih dari Rp100 triliun. Tapi bisa juga pakai pola investasi. Sudah banyak kok pihak swasta yang tunjuk jari. Kita belum menghitung semuanya. Karena menyangkut uang yang bukan gede, tapi gede banget. Nanti akan kita putuskan pola pendanaannya,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai investor mana saja yang sudah siap menanamkan modalnya untuk membangun tanggul raksasa di sepanjang Pantai Jakarta Utara tersebut, Jokowi enggan bekomentar lebih jauh.

Namun yang pasti, salah satu investor yang tertarik adalah Setdco Universal Corporation dan Pricewaterhouse Coopers Service.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4731 seconds (0.1#10.140)