Balita gizi buruk di Depok idap HIV AIDS

Rabu, 30 Januari 2013 - 17:56 WIB
Balita gizi buruk di Depok idap HIV AIDS
Balita gizi buruk di Depok idap HIV AIDS
A A A
Sindonews.com - Seorang balita di Depok, menderita gizi buruk dan mengidap virus HIV AIDS. Penderitaan bocah berusia 18 bulan tersebut, semakin lengkap setelah ditinggal ibunya meninggal beberapa waktu lalu. Hingga kini, bocah malang itu masih dalam pengawasan Puskesmas Sukmajaya.

"Saat ini kami terus berupaya mengobati RF. Setiap bulan dia terus kontrol ke sini ditemani keluarga," kata petugas gizi Puskesmas Sukmajaya Bari Bintoro, di Depok, Rabu (30/1/2013).

Dia menjelaskan, saat ini keadaan RF masih cukup baik. Dirinya mengungkapkan data 2013, sudah ada 23 pasien di tempatnya yang positif HIV. "Tiga balita, dua meninggal," bebernya.

Untuk di Kota Depok, penanganan khusus HIV AIDS baru terdapat di Puskesmas Sukmajaya dan Puskesmas Kemiri Muka, Beji.

"Pasien nantinya akan dirujuk ke RSCM dan RS Fatmawati jika memerlukan penanganan lebih serius. RSUD Kota Depok belum mampu menangani pasien HIV karena keterbatasan fasilitas. Mereka sering oper pasien ke sini," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Hardiono mengaku, pasien HIV/AIDS kerap ditolak untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Lantaran RSUD Depok belum memiliki ruangan khusus untuk menangani pasien HIV/AIDS. "Oleh sebab itu kami melakukan rujukan terhadap pasien tersebut," kata Hardiono.

Dia menambahkan, sudah melakukan konsultasi dengan RSUD untuk melengkapi sarana dan prasarananya sehingga bisa menerima pasien HIV/AIDS. "Kami meminta RSUD untuk melakukan konsultasi juga dengan Pemerintah provinsi Jawa Barat dan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD).
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5235 seconds (0.1#10.140)