Gusur kios, Stasiun Bekasi bangun park & ride

Jum'at, 25 Januari 2013 - 14:32 WIB
Gusur kios, Stasiun Bekasi bangun park & ride
Gusur kios, Stasiun Bekasi bangun park & ride
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membangun lahan parkir tiga susun (park and ride) yang mampu menampung 5.000 unit kendaraan roda dua maupun roda empat di area Stasiun Bekasi. Program ini, diklaim sebagai salah satu pemecah kemacetan.

Wakil Kepala Stasiun Bekasi Fitriyandi mengatakan, pembangunan park and ride di Stasiun Bekasi bakal dilakukan langsung oleh PT KAI, setelah melaksanakan penertiban para kios pedagang yang ada di lingkungan Stasiun Bekasi pada Sabtu 19 Januari 2013 lalu.

”Park and ride salah satu pemecah kemacetan yang terjadi di Bekasi. Dengan alasan itulah parkir tiga susun akan dibangun di areal Stasiun Bekasi. Apalagi targetan PT KAI, penumpang yang menggunakan kereta api mencapai 1,2 juta penumpang per hari,” katanya kepada wartawan, di Bekasi, Jumat (25/1/2013).

Fitriyandi menambahkan, rencana pembangunan park and ride akan dimulai awal tahun 2013 ini. Sementara lahan yang sudah disiapkan seluas 4.500 meter persegi, yang terbagi menjadi dua lokasi, di utara dan selatan Stasiun Bekasi.

”Nantinya areal parkir akan dibuat tiga susun, di sebelah utara dan sebelah selatan. Dan akan mampu menampung 5.000 kendaraan, roda dua dan empat. Untuk menunjang itu, perlunya keamanan dan kenyamanan di Stasiun Bekasi,” terangnya.

Intensitas pengguna jasa kereta api di Kota Bekasi sebanyak 18.000 hingga 21.000 ribu jiwa per harinya. Keberadaan park dan ride ini adalah solusi dari kemacetan di Bekasi dan kota yang lainnya. Sehingga, penumpang bisa membawa kendaraannya ke stasiun.

Bahkan, fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan oleh para eksekutif dan pelaku bisnis serta para commuter urban modern yang sangat sibuk dengan mobilitas tinggi, sehingga dengan fasilitas ini akan sangat memudahkan mereka. Karena, selama ini Stasiun Bekasi dianggap sangat kumuh.

”Nantinya parkiran di Stasiun Bekasi akan buka selama 24 jam. Ini akan memudahkan masyarakat beralih ke moda tranportasi kereta api, saat ini planing dan perencanaanya masih dibahas oleh PT KAI dan juga sebagai pelaksana pembangunan parkir ini,” tutupnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7003 seconds (0.1#10.140)