SBY: Normalisasi Sungai Ciliwung skala prioritas

Senin, 21 Januari 2013 - 14:19 WIB
SBY: Normalisasi Sungai Ciliwung skala prioritas
SBY: Normalisasi Sungai Ciliwung skala prioritas
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan dua prioritas utama terkait solusi penanganan banjir di Jakarta untuk masa mendatang. Salah satunya adalah normalisasi Sungai Ciliwung.

Kedua, yang berkaitan dengan revitalisasi dan normalisasi Kali Ciliwung, memiliki banyak hal. Jadi, bukan semata-mata berdasarkan debit air yang cukup tinggi, tetapi curah hujan juga menjadi penentu terjadinya banjir.

"Ada faktor lain yang mengakibatkan banjir di Jakarta belakangan ini. Banyaknya sampah yang berserakan dan mengganggu arus air yang mengalir di Ciliwung. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan yang komprehensif," ujar Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2013).

Ditambahkan dia, langkah tersebut adalah dengan melakukan normalisasi Kali Ciliwung agar kali tersebut bisa berperan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

"Hal ini, telah dikordinasikan dengan Pemerintah DKI Jakarta. Sementara untuk penertiban Kali Ciliwung akan dibicarakan nantinya secara terpadu. Mengingat, pekerjaan penertiban bantaran sungai Ciliwung ini menyangkut isu sosial dan lingkungan," terangnya.

Dia menambahkan, ada hal lain yang berkaitan pemindahan mereka yang berada di pinggir kali. Karena hal itu mengakibtakan kali tak berfungsi optimal, itu juga akan dibicarakan nanti secara lebih terpadu. Untuk itu, akan dilibatkan semua stakeholder, pemerintah yang memang menangani hal ini.

"Normalisasi sungai Ciliwung ini membutuhkan APBN dan APBD DKI Jakarta. Selain normalisasi Sungai Ciliwung, dua prioritas utama penanganan banjir Jakarta ini adalah membuat sudetan dari Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT)," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7435 seconds (0.1#10.140)