50 persen waduk di Jakarta tidak berfungsi

Sabtu, 19 Januari 2013 - 20:30 WIB
50 persen waduk di Jakarta tidak berfungsi
50 persen waduk di Jakarta tidak berfungsi
A A A
Sindonews.com - Pengamat perkotaan Universitas Trisakti (Usakti) Nirwono Joga mengatakan, salah satu upaya untuk mengatasi banjir yakni, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus segera merevitalisasi waduk di Ibu Kota.

"Lebih dari 50 persen waduk dan situ tidak berfungsi optimal, karena dipenuhi lumpur, sampah, dan pemukiman liar," kata Nirwono dalam diskusi polemik Sindo Radio, di Warung Daun Cikini, Jakarta Barat, Sabtu (19/1/2013).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta harus melakukan normalisasi kali diseluruh Jakarta, sehingga kalau terjadi hujan lebat air tidak meluap.

"Ini harus ada kebijakan dari Gubernur DKI Jakarta, minimal ada tiga sampai empat kali dinormalisasi, seperti melakukan pendekatan teknis, pengerukan, dan pembuatan dinding penahan kali (tanggul)," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, warga Ibu Kota harus merubah paradigma, bahwa hujan bukan bencana banjir. Tetapi datangnya hujan ini adalah kesempatan untuk memanen air sebanyaknya. "Konsep ini akan membuat pemerintah membuat banyak daerah tangkapan air," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5945 seconds (0.1#10.140)