15 imigran Afganistan tertangkap di Bandara Soetta

Selasa, 15 Januari 2013 - 11:11 WIB
15 imigran Afganistan tertangkap di Bandara Soetta
15 imigran Afganistan tertangkap di Bandara Soetta
A A A
Sindonews.com - Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, mengamankan 15 orang warga negara Afganistan yang hendak mencari suaka ke Pulau Cristmas, Australia. Mereka diamankan setelah mendarat di Terminal 1 B Bandara Soetta dari Padang.

Kabag Humas Polres Metro Bandara Soetta AKP Agus Tri mengatakan, para imigran itu datang dengan menggunakan pesawat Lion Air yang berangkat dari Padang-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 0351 dan tiba di bandara sekira pukul 07.30 WIB dengan menggunakan nama palsu.

Sebelum terbang ke Indonesia, mereka lama menetap di Mentawai. Para imigran itu adalah Ramzan, Seyid Sardan, Jawat, Khalil, Abdullah, Assadullah, Reza, Mamat, Minah, Husein, Hamjat, Jawad, Jumah, Safir dan Amin.

"Ada 15 yang kita amankan, sementara 1 lainnya melarikan diri," kata Agus kepada wartawan di Tangerang, Selasa (15/1/2013).

Dijelaskan Agus, para pencari suaka ini tertangkap atas kecurigaan patroli Sabara di Terminal 1 B, dimana petugas melihat rombongan orang datang secara bergerombol dan menuju mobil sewaan dua buah mobil Avanza dan satu buah Inova warna hitam.

"Petugas menanyakan kepada para sopir perihal rombongan yang akan dibawa, akan tetapi sopir hanya bilang dirinya disewa Rp500 ribu untuk mengantar rombongan ini ke Jalan Jaksa, dan tidak tahu tujuan warga Afganistan yang negaranya sedang berperang ini. Hingga kami amankan," ungkapnya.

Dia melanjutkan, satu imigran yang melarikan diri kearah jalan raya saat ini masih dicari pihak kepolisian. Para pencari suaka saat ini sudah diserahkan ke Imigrasi Bandara.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6137 seconds (0.1#10.140)