Mahasiswa UI dan PKL blokir jalur kereta api

Senin, 14 Januari 2013 - 13:01 WIB
Mahasiswa UI dan PKL blokir jalur kereta api
Mahasiswa UI dan PKL blokir jalur kereta api
A A A
Sindonews.com - Aksi penggurusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Stasiun Pondok Cina, Beji, Depok, berlangsung bentrok. Lantaran preman sewaan PT Kereta Api Indonesia memukul mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang melakukan penolakan atas penggusuran itu.

Kontan, bentrokan antara mahasiswa UI yang dibantu para PKL dengan petugas PT KAI yang dibantu petugas stasiun dan preman bayaran pun tak terhindarkan. Bentrokan meluas, mulai dari depan pintu alternatif masuk gedung kampus menuju stasiun, hingga ke dalam stasiun.

Bahkan bentrokan sempat terjadi di tengah rel kereta api yang berujung pada dihentikannya kereta tujuan Bogor-Jakarta. Massa mahasiswa yang dibantu oleh penumpang kereta ekonomi tujuan Jakarta-Bogor, bahkan sempat menggedor pintu Kantor Kepala Stasiun Pondok Cina.

Tak hanya itu, mereka juga sempat akan merusak fasilitas stasiun. Aksi mahasiswa berlanjut, dengan pemblokiran jalur kereta api dari Bogor-Jakarta dan sebaliknya. Aksi ini rencananya akan dilangsungkan selama 15 menit.

"Kami menuntut pihak PT KAI untuk melakukan dialog. Kami beri waktu 15 menit untuk melakukan dialog," ujar salah seorang mahasiswa UI di Stasiun Pondok Cina, Depok, Senin (14/1/2013).

Hingga kini, berdasarkan pengamatan Sindonews di lapangan, tampak ribuan orang sudah berkumpul. Laju kereta api dari Bogor-Jakarta lumpuh. Begitupun sebaliknya, dari Jakarta-Bogor. Kereta api tidak bisa melintas di Stasiun Pondok Cina, karena ada ribuan orang menumpuk.

Aksi bentrokan bermula ketika pembongkaran tengah dilakukan pegawai PT KAI yang dibantu petugas keamanan. Ketika mahasiswa menghadang pembongkaran dan menanyakan surat pembongkaran, petugas PT KAI yang tak bisa memperlihatkan lalu melakukan pemukulan dengan pentungan. Diduga, pemukulan dilakukan oleh preman bayaran.

Akibatnya bentrokan pecah di pintu masuk alternatif antara kampus UI dengan Stasiun Pondok Cina. Kemudian, bentrokan meluas. Karena mahasiswa tidak terima rekan mereka dipukul, mereka menyerang balik ke stasiun. Sesampainya di sana, mahasiswa kembali terlibat bentrok.

Seperti diberitakan sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa (FAM) UI dan BEM UI sempat melakukan aksi menginap di Stasiun UI.

"Iya kita berupaya untuk mengadu ke Komnas HAM dan sebelumnya kita juga menginap untuk membela nasib pedagang," ujar Humas FAM UI, Annisa.

Ratusan kios yang berada di area Peron Stasiun Pondok Cina rencananya akan dilakukan pembongkaran, sebagai lanjutan rencana PT KAI untuk melakukan perbaikan fasilitas dan peningkatan kenyamanan kepada pengunjung dan pengguna jasa angkutan kereta.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7932 seconds (0.1#10.140)