Flu burung serang Jakarta Utara

Selasa, 08 Januari 2013 - 22:08 WIB
Flu burung serang Jakarta Utara
Flu burung serang Jakarta Utara
A A A
Sindonews.com – Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Utara, membakar 97 unggas yang terdiri dari burung merpati dan ayam.

Pemusnahan ini menyusul adanya temuan hewan unggas yang mati mendadak, yang diduga terserang virus Aviant Influenza atau flu burung.

Menurut Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara Mochamad Mikron mengatakan, berdasarkan pemeriksaan terhadap unggas yang mati mendadak, ditemukan adanya gejala virus flu burung yang menyerang unggas tersebut.

“Tim melakukan pemeriksaan dari luar dan menemukan kepala unggas terlihat kebiru-biruan. Sedangkan, pemeriksaan dari dalam, darah unggas tersebut menganadung virus H5N1,” kata Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara Mochamad Mikron, Selasa (8/1/2013).

Ia mengatakan, unggas yang terserang virus flu burung milik Sunarto alias Ato. Mikron juga mengaku, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara intensif sejak bulan November lalu, terhadap unggas yang berada di wilayah Jakarta Utara.

“Sebab berdasarkan pengalaman mulai November hingga Februari merupakan saat rawan virus H5N1,” katanya.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan secara intensif, lanjutnya, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Utara juga telah mengeluarkan surat edaran, larangan memelihara unggas di pemukiman warga. Namun, surat edaran tersebut tidak dihiraukan oleh warga.

“Sebenarnya kita sudah melarang warga untuk memelihara unggas, namun hal tersebut tidak pernah dihiraukan. Untuk itu, kita lakukan pemusnahan dengan sekala prioritas," ucapnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)