Katulampa siaga III, Jakarta & Depok waspada

Selasa, 08 Januari 2013 - 15:33 WIB
Katulampa siaga III, Jakarta & Depok waspada
Katulampa siaga III, Jakarta & Depok waspada
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, khususnya kawasan Puncak, membuat ketinggian air sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, meningkat drastis dengan status siaga III banjir.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hujan yang mengguyur Kota/Kabupaten Bogor sejak pukul 10.30 WIB, telah membuat status di Bendung Katulampa dari dibawah normal (50 centimeter) menjadi siaga III (100 centimeter) hingga pukul 14.00 WIB.

Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, debit air sungai Ciliwung terus mengalami peningkatan seiring hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak.

Hingga pukul 14.00 WIB posisi debit air Ciliwung berada di posisi 80 centimeter dan setengah jam kemudian, atau pukul 14.30 WIB meningkat ke posisi 100 centimeter. "Sekarang air sungai Ciliwung sudah posisi siaga III," ujar Andi Sudirman di Bogor, Selasa (8/1/2013).

Ketinggian air Ciliwung diperkirakan akan terus meningkat, karena hingga saat ini hujan deras masih mengguyur kawasan Puncak. "Informasi yang saya terima di Puncak sampai sekarang hujan deras. Itu akan mempengaruhi ketinggian air Ciliwung saat ini," katanya.

Andi meminta, warga Jakarta untuk waspada karena dengan ketinggian Ciliwung 100 centimeter, bisa menyebabkan banjir. "Apalagi di Depok dan Jakarta juga hujan," katanya.

Masih derasnya hujan di kawasan Puncak dibenarkan Iwan Firdaus, Koordinator Rafting Soar yang memiliki posko di Puncak tepatnya Taman Wisata Matahari (TWM), Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

"Hujan masih deras disini, ketinggian sungai Ciliwung di 80 centimeter, ini belum ditambah aliran sungai Ciesek dan Cisarua," kata Iwan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)