UI peringat 25 kampus hijau di dunia

Selasa, 08 Januari 2013 - 13:53 WIB
UI peringat 25 kampus hijau di dunia
UI peringat 25 kampus hijau di dunia
A A A
Sindonews.com - Universitas Indonesia (UI) Depok, meraih posisi 25 dalam UI GreenMetric Ranking of World Universities dengan skor 6,338.14. Sementara University of Connecticut, Amerika Serikat keluar sebagai kampus hijau pertama di dunia, diikuti dengan University of Nottingham, Inggris di peringkat kedua, dan University College Cork National University of Ireland di peringkat ketiga.

Dalam GreenMetric, diikuti 215 perguruan tinggi dengan dasar penilaian yakni enviroment, economic, dan equity. Selain itu ada juga bobot indikator penilaian yang terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus (15 persen), pengelolaan sampah (18 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), dan penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), pendidikan (18 persen).

PJS Rektor UI Djoko Santoso mengatakan, GreenMetric merupakan perankingan yang dibuat UI secara internal. Salah satunya dengan mengembangkan energi ramah lingkungan di kampus.

"Situasi dunia makin sulit, orangnya nambah terus. 60 persen dari penduduk Asean adalah orang Indonesia. Ini harus kita buat jadi orang-orang yang kokoh, jiwanya kuat, bukan generasi yang cengeng. Ini yang jadi perhatian khusus di Indonesia," jelasnya dalam konferensi pers di Balairung UI, Depok, Selasa (8/1/2013).

Tak hanya itu, Djoko menambahkan, UI memiliki 312 hektar luas lahan dengan 100 hektar untuk hutan kota. Selain itu, kata dia, UI juga terus berkomitmen untuk menghijaukan kampus dengan membuat jalur sepeda.

"Ada transportasi sepeda, iti salah satu komitmen kampus hijau. Ada korelasi yang kuat. Antara Human Development Indeks dan Green Metric, Ini konsekuensi dari banyaknya kampus, makin banyak yang berpartisipasi. Perlu ada effort lebih meningkatkan lagi. UI jadi pelopor yang namanya kampus hijau," paparnya.

Chairwoman UI GreenMetric Ranking of World Universities Riri Fitri Sari mengatakan bahwa GreenMetric telah dikenal UNESCO maupun situs - situ terkenal di dunia. Selain itu berbagai publikasi ilmiah jurnal internasional di Eropa dan Amerika banyak membahas dan menganalisa mengenai UI GreenMetric.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7770 seconds (0.1#10.140)