Jelang Ramadan, PMI mulai stok darah

Minggu, 03 Juni 2012 - 14:05 WIB
Jelang Ramadan, PMI mulai stok darah
Jelang Ramadan, PMI mulai stok darah
A A A
Sindonews.com - Menjelang bulan suci Ramadan (bulan puasa), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mulai mempersiapkan stok darahnya. PMI mulai menghimpun pendonor tambahan dari jaringan pendonor, agar bisa ditabung kelebihannya untuk stok di bulan puasa nanti.

Kepala Bagian Perekrutan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela Fitri Widiastuti mengatakan, pada bulan Ramadhan, jumlah pendonor biasa mengalami penurunan. "Biasanya bulan puasa jumlah pendonor menurun, dan kami maklumi itu. Karena banyak pendonor yang berpuasa. Maka sejak Mei lalu, kami sudah mulai melakukan penjaringan ke kelompok pendonor efektif hingga 10 hari menjelang puasa," ujar Fitri di Tangerang, Minggu (3/6/2012).

Penurunan jumlah pendonor saat bulan puasa dijelaskan Fitri bisa mencapai 70 persen dari waktu biasa, sehingga penurunan jumlah pendonor ini harus diantisipasi agar kebutuhan darah khususnya dikota Tangerang tetap dapat tertangani.

Hingga saat ini saja kebutuhan darah terus meningkat selama 6 tahun terakhir. Dimana, hampir setiap bulannya dibutuhkan sedikitnya 5000 kantung darah dari pendonor, yang mana 3500-4000 diantaranya pasti digunakan untuk kebutuhan medis pasien. "PMI harus benar-benar menabung agar stok aman," tuturnya lagi.

Terkait dengan kelompok pendonor aktif tambahan yang kini mulai dihimpun sebagai pendonor, dikatakan Fitri, akan dihimpun dari kelompok-kelompok massa, seperti instansi pemerintahan, kecamatan, kelurahan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan juga organisasi kepemudaan yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

"Kami akan efektifkan kelompok-kelompok tadi. Selain itu kami juga akan mengefektifkan mobil donor keliling yang bergerak tiap hari dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya guna menambah stok darah yang kami butuhkan saat puasa sampai setelah lebaran," pungkasnya.

Untuk PMI Kota Tangerang sendiri, hingga saat ini telah memiliki satu buah unit mobil keliling yang disumbangkan dari sebuah perusahaan swasta, mobil ini diharapkan juga dapat menambah stok darah persiapan puasa nanti. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5592 seconds (0.1#10.140)