KPU DKI hapus pemilih siluman dalam DPS

Kamis, 31 Mei 2012 - 20:00 WIB
KPU DKI hapus pemilih siluman dalam DPS
KPU DKI hapus pemilih siluman dalam DPS
A A A
Sindonews.com - Kasus pemilih siluman dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta terus bergulir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menghimpun masukan dari para tim sukses (Timses) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terkait karut marutnya Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Penghimpunan masukan itu dilakukan KPU DKI Jakarta pada rapat pembahasan penyisiran pemilih ganda yang masih ada di DPS. Rapat yang dihadiri oleh para timses, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) DKI Jakarta ini digelar di kantor KPU DKI Jakarta.

Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar menuturkan, pihaknya masih menyisir data pemilih ganda yang ada di DPS. "Sudah ada masukan dari dua tim, pertama tim nomor 4 (Hidayat-Didik) dan yang kedua tim nomer 3 (Jokowi-Ahok). Sebenarnya temuan mereka sudah kami hapus, tapi penelusuran kan terus berjalan, kalau sampai sekarang masih ada yang bermasalah akan kami tindak lanjut," ujarnya kepada wartawan usai rapat di kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2012).

Sejauh ini, sambung Dahliah, pihaknya baru melakukan verifikasi terhadap data pemilih ganda di DPS. Namun dirinya mengaku belum bisa memastikan berapa jumlah data pemilih ganda yang sudah dihapus.

"Sampai saat ini, kami tidak bisa memastikan jumlahnya. Karena seperti yang di Jakarta Barat, pencoretan 6.000 itu bisa terus berubah. Kalau memang ada yang baru daftar, kita tidak bisa menutupnya," tuturnya.

Jika semua data DPS sudah dibenahi, pihaknya baru berani memberikan angka pasti jumlah data pemilih ganda yang sudah dihapus. "Yang jelas, dari 7.044.000, waktu ditetapkan di PPS berkurang menjadi 10 ribu. Tapi sampai sekarang ada perbaikan, kita belum kroscek lagi," terangnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)