Banyak lembaga survei tak kredibel

Selasa, 29 Mei 2012 - 16:10 WIB
Banyak lembaga survei tak kredibel
Banyak lembaga survei tak kredibel
A A A
Sindonews.com - Menjelang pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta, keberadaan lembaga survei makin marak. Sayangnya, seiring bermunculan lembaga survei ini, tidak diikuti dengan kerja yang independen.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti Pride Indonesia, Agus Herta Sumarto, dalam diskusi bertema "Carut Marut Hasil Survei DKI Jakarta"di wisma Kodel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/5/2012).

Menurutnya, sejumlah lembaga survei dalam melakukan penelitian, sebagian besar menggunakan metode sama, waktu sama dan teknik pengambilan sampel juga sama, namun, anehnya hasil penelitian tersebut menunjukan hasil yang berbeda-beda.

"Seharusnya hasilnya sama. Tetapi hasilnya berbeda satu sama lain, padahal dilaksanakan bersamaan dengan metode serupa," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Agus, hasil survei itu, mengindikasikan ada beberapa lembaga survei tak kredibel. "Atau bisa juga karena tidak punya kemampuan dan pengetahuan atau tidak punya integritas," tukasnya.

Ditambahkan, banyak lembaga survei melakukan kesalahan yang disengaja. Sayangnya dia tak menyebutkan lembaga survei yang dimaksud.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4442 seconds (0.1#10.140)