KNKT berharap FDR cepat ditemukan

Rabu, 16 Mei 2012 - 12:26 WIB
KNKT berharap FDR cepat ditemukan
KNKT berharap FDR cepat ditemukan
A A A
Sindonews.com - Tim SAR hari ini masih mencari flight data recorder (fdr) bagian dari black box Sukhoi Superjet 100 yang belum ditemukan. FDR ini berisi data rekaman penerbangan pesawat.

Namun demikian, Cockpit Voice Recorder (CVR) perekam suara di kokpit yang sudah ditemukan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopasus) tetap diteliti.

"Balck box berisi CVR tengah diteliti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini, sedangkan FDR sedang dicari, mudah-mudahan segera ditemukan," harap Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya (Masdya) TNI Daryatmo di Bandara Halim Perdanakusuma Rabu (16/5/2012).

Sementara itu, bagian penyelidikan KNKT Mardjono Siswo Suwarno menambahkan, black box kondisinya telah terbakar. "Tapi meski terbakar, kondisi masih baik dibandingkan black box pesawat Garuda yang kecelakaan di Yogyakarta beberapa waktu lalu," jelas Guru Besar Teknik Mesin dan Dirgantara ITB ini.

Proses penelitian Black Box membutuhkan waktu lama. Benda itu akan diteliti kemudian akan dibuka isinya, selanjutnya data perekam akan didengarkan serta mentranslet ke dalam bahasa Indonesia. "Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu sudah bisa diinformasikan," jelasnya.

Maka itu, Mardjono berharap tim SAR bisa segera menemukan FDR, karena antara FDR dengan CVR saling berhubungan.

Dari pantauan Sindonews, sebelum akhirnya dibawa ke KNKT, black box tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekira pukul 09.45 WIB tadi dengan menggunakan pesawat Rusia.

Ada dua dus diturunkan dari pesawat itu. Dus pertama berisi black box Sukhoi Superjet 100 yang jatuh, sedangkan dus satunya berisi contoh black box yang masih berwarna orange. Dalam rombongan itu juga terlihat anggota DPR yang juga dikenal sebagai pakar telematika Roy Suryo.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5334 seconds (0.1#10.140)