Basarnas temukan ELT Sukhoi di dasar jurang

Senin, 14 Mei 2012 - 13:55 WIB
Basarnas temukan ELT Sukhoi di dasar jurang
Basarnas temukan ELT Sukhoi di dasar jurang
A A A
Sindonews.com - Tim Basarnas akhirnya berhasil menemukan Emergency Location Transmitter (ELT) dari pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di daerah Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

ELT ditemukan oleh tim SAR gabungan yang tengah mengevakuasi korban dan juga bangkai pesawat Sukhoi Superjet 100 yang berada di bawah lembah Gunung Salak tersebut.

Temuan Basarnas itu pun kemudian diserahkan kepada tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang langsung diterima Tatang Kurniadi, dan Kepala Badan SAR Nasional Daryatmo di Pos Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

“Mengenai fungsi alat ini lebih lanjut akan didalami oleh KNKT. Namun yang pasti, masih ada barang-barang yang berkaitan dengan pesawat yang belum ditemukan,“ ujar Daryatmo kepada wartawan di posko Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Senin (14/5/2012).

Sementara itu, berdasarkan analisis sementara dari Tatang Kurniadi, ada salah satu unsur yang tidak berfungsi dalam ELT tersebut. Hal tersebut duga menjadi faktor tidak terdektesinya alat tersebut saat pesawat akan menabrak bukit.

“Mungkin dia masih memakai model lama sehingga ini tidak bisa terdeteksi karena sinyal ini tidak bisa tembus bukit,“ tukas Tatang. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8103 seconds (0.1#10.140)