Rusia diizinkan evakuasi puing Sukhoi

Minggu, 13 Mei 2012 - 14:12 WIB
Rusia diizinkan evakuasi puing Sukhoi
Rusia diizinkan evakuasi puing Sukhoi
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 15 personel dari tim evakuasi Rusia telah berangkat menuju lokasi kecelakaan pesawat Shukoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Padahal sekitar pukul 08.00 WIB tadi, Komandan Korem 061 Suryakencana Bogor Kolonel Infanteri A M Putranto memberikan keterangan resmi bahwa tim evakuasi dari Rusia dilarang menuju lokasi kecelakaan Shukoi tersebut.

Dari pantauan Sindonews di lapangan, tim evakuasi Rusia berangkat menggunakan tiga mobil sekitar pukul 13:15 wib.

"Mereka (Tim penyelidikan kecelakaan Rusia) sudah izinkan tadi," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit kepada Sindonews di lokasi Landasan helipad Pasir Pogor, Desa

Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (13/5/2012). Dikatakannya, sebelum tim penyelidikan kecelakaan Sukhoi dari Rusia itu, ada pertemuan antara perwakilan Rusia dengan para pimpinan Tim Search and Resque (SAR) gabungan.

"Mereka (Tim penyelidikan dari Rusia) diberangkatkan, tapi didampingi 10 orang kepolisian dan intelijen dari kita," ungkapnya. Ke-15 personel dari tim penyelidikan kecelakaan Sukhoi dari Rusia itu, kata dia, berangkat melalui jalur darat.

"Mereka berangkatnya lewat jalur Pasir Manggis Cijeruk atau posko utama di Balai Embrio Ternak Sapi Cipelang itu. Mereka ini seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kalau di kita," ungkapnya.

Hal senada pun dikatakan Syahruddin selaku penterjemah pihak Rusia yang datang ke Helipad Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor itu.

"Tadi kepastian diizinkannya sekitar pukul 13.00 WIB tadi. 15 orang yang berangkat ini tim gabungan. Mereka akan mengevakuasi puing-puing, kotak hitam (Black Box), itu fokusnya," tuturnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6824 seconds (0.1#10.140)