Sama canggihnya, helikopter Rusia tak digunakan

Minggu, 13 Mei 2012 - 12:15 WIB
Sama canggihnya, helikopter...
Sama canggihnya, helikopter Rusia tak digunakan
A A A
Sindonews.com - Terkait dilarangnya tim SAR Rusia ke lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak Bogor, Danlanud Atang Sendjaja, Marsekal Pertama Tabri Santosa mengatakan, helikopter milik Rusia akan di parkir di Atang Sendjaja (ATS) Bogor.

"Nanti akan stand by di Atang Sendjaja. Kita yang mengatur nanti. Terbang kemana dan sebagainya. Tapi kalau di Atang Sendjaja atau stand by di Halim, silahkan-silahkan saja," ujarnya kepada wartawan di lokasi helipad Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (13/5/2012).

Jadi yang jelas, kata dia, untuk evakuasi secara umum, pihaknya masih mampu untuk saat ini. "Untuk sementara ini belum. Karena kekuatan pesawat kita sudah banyak, ada 10. Kemudian personel darat kita 2.000 lebih," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, evakuasi materil pesawat lebih sulit ketimbang mengevakuasi jenazah korban kecelakaan Shukoi tersebut. "Saya sampaikan evakuasi materil pesawat itu lebih sulit, karena letaknya berada dijurang, dan itu sangat sulit, lebih sulit daripada yang sekarang," imbuhnya.

Lagipula, lanjut dia, helikopter yang dimiliki SAR Rusia setara dengan helikopter yang dimiliki tim SAR. "Performa heli Rusia itu sama seperti Heli Bolcow, kepunyaan kita," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9272 seconds (0.1#10.140)