Sukhoi jatuh karena pilot terlalu percaya diri

Sabtu, 12 Mei 2012 - 10:55 WIB
Sukhoi jatuh karena pilot terlalu percaya diri
Sukhoi jatuh karena pilot terlalu percaya diri
A A A
Sindonews.com- Hingga saat ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih bekerja mencari penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di kawasan Gunung Salak, Bogor. Namun banyak dugaan jatuhnya Sukhoi dikarenakan human error.
Pengamat penerbangan Samudera Sukardi mengatakan ada tiga faktor penting yang menjadi penentu keselamatan pesawat itu sendiri selama penerbangan.

“Penyebab kecelakan pesawat itu bisa dikarenakan faktor pesawat itu sendiri, pilotnya dan juga faktor infrasturktur,“ ujar Samudera dalam diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (12/5/2012).

Samudera bahkan menduga, faktor pilot juga menjadi salah satu faktor kecelakaan tersebut. Mengingat adanya permintaan pilot untuk menurunkan ketinggian sebelum kejadian jatuhnya pesawat terjadi.

“Kemungkinan ada kepercayaan diri yang berlebih dari pilot dengan melakukan manuver yang cukup berbahaya bagi keselamatan penumpang,“ tukasnya.

Menurut Samudera, skill atau kemampuan pilot dalam mengemudikan pesawat seharusnya sudah teruji. Selain dibekali oleh ATC atau otoritas bandara dalam memantau pesawat, pilot juga harus memiliki kemampuan visual yang baik untuk mengukur jarak pandang.

"Mungkin saja pilot ini overconfidence. Tidak mengetahui medan. Seharusnya sudah di-briefing dahulu sebelum terbang," tutur Samudera.

Samudera menambahkan, cuaca pun bisa menjadi faktor dalam kecelakaan tersebut. "Bisa saja waktu itu keadaan cuaca sedang berkabut," imbuhnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)