RS Polri siap proses jenazah korban Sukhoi

Kamis, 10 Mei 2012 - 15:45 WIB
RS Polri siap proses jenazah korban Sukhoi
RS Polri siap proses jenazah korban Sukhoi
A A A
Sindonews.com - Pihak Rumah Sakit Polri (dr Soekamto) Kramat Jati telah menyiapkan beberapa tahapan dalam penerimaan jenazah korban jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, semalam.

Menurut Kepala Rumah Sakit, Brigjen Pol Agus Prayitno, tahapan tersebut demi memudahkan petugas dalam melakukan identifikasi terhadap para jenazah tersebut.

“Ketika jenazah datang, mereka akan langsung kita berikan label, dia pria atau perempuan, warga asing atau warga Indonesia, anak-anak atau dewasa. Itu semua untuk mempermudah kita nantinya melakukan suatu pemeriksaan,“ ujar Agus kepada wartawan di RS Polri, Kamis (10/5/2012).

Selanjutnya, jelas Agus, proses identifikasi akan dilanjutkan dengan proses yang dinamakan proses Post Mortem atau proses lanjutan untuk melakukan identifikasi terhadap jenazah.

“Kita akan melakukan proses ini di dua tempat mengingat kondisi ruangan yang tidak memungkinkan. Kita akan lakukan 3 tempat di dalam dan 3 tempat di luar ruangan,“ jelasnya.

Data post mortem itu sendiri, menurut Agus, akan dicocokan dengan data antemortem yaitu data dari keluarga jenazah yang saat ini sedang dikumpulkan di bandara Halim Perdanakusumah oleh para petugas.

“Kalau sudah selesai pencocokan, keluarga nanti menunggu dulu. Kemudian data post mortem dan antemortem akan kita rapatkan dan akan kita lakukan rekonsiliasi. Untuk mencocokan dan kemudian dikonfirmasi ke keluarga. Setelah benar, kita akan urus jenazahnya, akan kita mandikan dan akan kita buatkan sertifikat identifikasi karena mereka diasuransikan,“ tukasnya.

“Sedangkan untuk warga asing kita perlakukan lain mereka akan kita buatkan identifikasi dan harus ditentukan penyebab kematiannya dan itu ada dua sertifikat,“ imbuhnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6002 seconds (0.1#10.140)