Roy Suryo: Pilot Sukhoi lalai

Kamis, 10 Mei 2012 - 15:03 WIB
Roy Suryo: Pilot Sukhoi lalai
Roy Suryo: Pilot Sukhoi lalai
A A A
Sindonews.com - Pengamat telematika Roy Suryo menilai, kecelakaan udara yang melibatkan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, terjadi karena adanya kelalaian pilot pesawat yang tak mengerti kondisi geografis di Indonesia.

"Diduga, pilot membaca ada Instrument yang error dan lapor ATC, sayangnya yang bersangkutan tidak paham ketinggian pegunungan Salak yang mencapai 7.000an feet," ujar anggota Komisi I DPR ini dalam rilisnya, Kamis (10/5/2012).

Ditambahkan dia, hal paling krusial yang harus dicek dalam kasus Sukhoi ini adalah isi rekaman terakhir pilot SSJ-100 tersebut dengan ATC Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

"Mengapa turun ke 6.000 feet, padahal ketinggian pegunungan di sana sekitar 7.000 feet. Dan kenapa 2 ELT/ELBA, yang seharusnya secara otomatis langsung berfungsi ketika ada crash atau sesuatu yang terjadi tidak bisa dimonitor," tanya Suryo.

Politikus Partai Demokrat ini merasa banyak kejanggalan dalam kronologis jatuhnya pesawat tersebut. "Ada something wrong sebelumnya. Apakah ada sesuatu sebelum akhirnya lost contact. Namun sekali lagi 2 ELT/ELBA yang tidak langsung otomatis on 3x24 jam ini yang aneh," tutupnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6097 seconds (0.1#10.140)